Find Your Character At This Blog

Taraf Pencahayaan

Posted by : LUTFIATUL UMMAH
Taraf Pencahayaan (Lighting Level) pada Lapangan Sepak bola



Jumlah cahaya yang jatuh pada permukaan disebut iluminasi (E), sering juga disebut sebagai tingkat/taraf pencahayaan yang diukur dalam satauan lux. Besarnya taraf pencahayaan tidak tergantung pada warana permukaan dan tekstur, sifatnya reflektif dan mudah untuk dihitung dan diukur. Pencahayaan ini dapat dihitung pada setiap orientasi permukaan. Yang dimaksud dengan permukaan ini adalah permukaan horizontal dari lapangan, permukaan miring dari tribun penonton, atau bidang kearah kamera televisi, sedangakan dalam pengukurannya taraf pencahayaan ini mencakup Horizontal Illuminance (Eh) dan Vertical Illuminance (Ev).

Horizontal Illuminance (Eh)
Horizontal Illuminance (Eh) merupakan pencahayaan terhadap bidang datar lapangan sepak bola merupakan bagian utama dari bidang pandang untuk pemaian maupun penonton, untuk itu pencahayaan pada bidang horozontal pada permukaan tanah berfungsi untuk memberikan kenyamanan terhadap mata. oleh karena area bermain berfungsi sebagai latar belakang visual, maka penerangan horisontal yang memadai sangat penting sekali dalam berlangsungnya suatu pertandingan. Selain itu untuk menjamin keamanan gerakan penonton saat memasuki dan meninggalkan fasilitas olahraga, pencahayaan horisontal yang memadai didaerah sirkulasi juga diperlukan.

Vertcal Illuminance (Ev)
Kontras yang cukup diseluruh tubuh pemaian sangat penting untuk identifikasi pemaian dan ini hanya akan diperoleh jika cahaya yang cukup mencapai bidang yang vertikal. Dalam hal pencahayaan, ini berarti bahwa pencahayaan vertikal harus memadai.
Pencahayaan vertikal dikategorikan tidak hanya oleh besarnya tetapi juga oleh arahnya. Untuk pemaian, pencahayaan vertikal yang memadai untuk segala arah adalah penting, begitu juga merupakan cahaya yang mengarah ke kamera yang berguna untuk memperoleh gambar yang berkualitas baik. Untuk memastikan kamera menerima cahaya yang cukup untuk menghasilkan gambar yang baik, maka pencahayaan vertikal perlu diukur dalam posisi tegak lurus terhadap setiap posisi kamera yang dipilih. Perhitungan dan pengukuran harus dilakukan 1,5 m diatas permukaan lapangan, ke arah kamera.
Dalam prakteknya, pencahayaan vertikal yang diperlukan untuk pemaian dan penonton akan secara otomatis diperoleh jika persyaratan mengenai pencahayaan horisontal sudah terpenuhi. Sehingga penerangan vertikal dapat menjamin bahwa bola yang melambung diatas lapangan dengan mudah diikuti, baik oleh pemain dan penonton.
Rabu, 22 Mei 2013

0 komentar:

Copyright © 2012 Lutfiatul Ummah | Dragon Ball Z Theme| Designed by Yoshua Marchiano | Original Design Naruto Vs Sasuke V2 Theme